Rabu, 28 November 2012

Bnk soal Bahasa Indonesia Kelas XII

Latihan Soal Bahasa Indonesia SMA kelas Sepuluh XII


 1.    Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi diagram tersebut adalah ...
A.    Jumlah pengangguran selalu meningkat pada tahun 2006 s.d. 2008 terjadi di Provinsi Baru.
B.    Dari tahun 2006 s.d. 2008 jumlah pengangguran di Provinsi Baru selalu menurun tajam.
C.    Kenaikan jumlah pengangguran di Provinsi Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 selalu konstan.
D.    Jumlah pengangguran di Propinsi Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 mengalami pasang surut.
E.    Naik turun jumlah pengangguran di Provinsi Baru terjadi pada tahun 2006 s.d. 2008.

Cermati paragraf berikut!
Pendidikan anak usia dini (PUD) salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar pembinaan ... pertumbuhan ... perkembangan anak lebih baik. Pertumbuhan tersebut meliputi fisik koordinasi motorik halus dan kasar. ..., dengan PAUD membantu mengembangkan kecerdasan daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, spiritual, sosial, emosional, sikap dan perilaku. Penanaman pendidikan agama, bahasa dan komunikasi anak ... dapat terbantu. Perkembangan itu disesuaikan ... keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

2.    Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rupang pada paragraf tersebut adalah ...
A.    agar, dan, di samping itu, juga, dengan
B.    jika, begitu pula, karena, serta, dengan
C.    namun, dan, hingga, juga, oleh
D.    hingga, dan, di samping itu, walau, oleh
E.    agar, juga, dan, serta, tersebut

3.    Cermati paragraf berikut!
Akhir Agustus 2008 di sekitar ... universitas tersebut berakhir ricuh.
Kericuhan itu, sepertinya memang ada yang ... supaya aksi itu ricuh. Akhirnya, tidak hanya membuat tiga mahasiswa dan empat polisi ... hingga harus dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ... Namun, pesan yang ingin disampaikan oleh kami untuk pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan harus ditolak karena akan menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, kurang sampai kepada masyarakat.
 4.    Cermati paragraf berikut!
Tujuan utama: untuk ... anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan ... sesuai dengan tingkat ... anak sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta ... kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta: untuk membantu ... anak mencapai kesiapan belajar secara akademik di sekolah.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ... .
A.    membentuk, berkembang, perkembangan, mengarungi, menyiapkan
B.    terbentuk, terkembangkan, mengkembangkan, arungi, menyiapkan
C.    dibentuk, kembangkan, memperkembangkan, mengarungi, siapkan
D.    terbentuk, berkembang, mengkembangkan, mengarungi, menyiapkan
E.    dibentuk, pengembang, perkembangan, mengarungi, disiapkan


Bacalah kutipan tajuk rencana berikut ini! Teks untuk SOAL nomor 5 dan 6.

    Subsidi tidak selalu jelek. Yang tidak kita inginkan adalah subsidi harga (price subsidy) seperti pada BBM ini, sebab penikmat terbesar subsidi adalah golongan berpunya. Bahkan subsidi harga BBM ini hanya dinikmati 7% dari 38 juta penduduk miskin. Seharusnya adalah subsidi langsung (direct subsidy) kepada rakyat dalam bentuk program- program terpadu untuk meningkatkan kualitas hidup seperti kesehatan dan pendidikan.
        Sumber: Kompas, 5 Agustus 2007

5. Opini penulis dalam teks di atas yang tepat adalah ...
A.    Subsidi BBM sudah dinikmati oleh kalangan menengah dan atas.
B.    Subsidi BBM sudah tepat sasaran yaitu kalangan menengah dan atas.
C.    Subsidi BBM belum disediakan untuk kalangan menengah dan atas.
D.    Subsidi BBM seharusnya diberikan kepada rakyat dalam bentuk uang.
E.    Subsidi BBM seharusnya langsung kepada rakyat dalam program terpadu.

6. Masalah dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah...
A.    Subsidi BBM sebenarnya tidak selalu jelek.
B.    Dana subsidi BBM untuk kesehatan dan pendidikan.
C.    Perlu program terpadu untuk masyarakat miskin.
D.    Subsidi BBM kurang dinikmati masyarakat miskin.
E.    Masyarakat berpunya tidak perlu menerima subsidi BBM.




Teks berikut untuk SOAL nomor 7 s.d. 9. Bacalah teks berikut dengan saksama.

Sejak diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008, film Laskar Pelangi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Karena hanya dalam waktu 1,5 bulan, film produksi Miles Film yang disutradarai Riri Reza ini telah ditonton 3,9 juta orang. Pencapaian angka tersebut melebihi angka penonton yang diraih film box office sebelunya, Ayat-Ayat Cinta.
Film Ayat-Ayat Cinta, garapan sutradara Hanung Bramantyo, ditonton sebanyak 3.581.947 orang sepanjang dua bulan penayangannya di jaringan bioskop 21, serta sekitar 120.000 penonton di luar jaringan bioskop 21. Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah penonton Laskar Pelangi akan menembus angka 4 juta penonton. Menariknya, kedua film ini sama-sama hasil adaptasi novel yang juga laris.
        Warta Kota, Kamis, 13 November 2008

7.    Fakta yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …
A.    Film Laskar Pelangi diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008.
B.    Dalam waktu dua bulan film Laskar Pelangi produksi Miles Film ditonton oleh 3,9 juta orang.
C.    Dalam waktu dekat diperkirakan jumlah penonton Laskar Pelangi akan mencapai 4 juta orang.
D.    Film Laskar Pelangi di luar jaringan bioskop 21 ditonton oleh 120.000 penonton.
E.    Jumlah penonton film Ayat-Ayat Cinta melampaui jumlah penonton film Laskar Pelangi.

8.    Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …
A.    Siapa penulis novel Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta?
B.    Berapa jumlah penonton film Laskar Pelangi dalam kurun waktu 2 bulan?
C.    Mengapa film Laskar Pelangi mendapat sambutan yang luar biasa?
D.    Kapan film Ayat-Ayat Cinta ditayangkan di luar jaringan bioskop 21?
E.    Mengapa penonton film Laskar Pelangi banyak?





9.    Rangkuman kedua paragraf di atas adalah
A.    Film Laskar Pelangi lebih menarik daripada film Ayat-Ayat Cinta karena film tersebut sama-sama hasil adaptasi sebuah novel.
B.    Film Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta sama-sama sukses karena kedua film tersebut merupakan hasil adaptasi novel yang laris.
C.    Jumlah penonton film Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta sama-sama mencapai angka kurang lebih 3,9 juta orang.
D.    Film Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta sama-sama sukses karena kedua film tersebut ditayangkan di luar jaringan bioskop 21.
E.    Jumlah penonton film Laskar Pelangi melampaui jumlah penonton film Ayat-Ayat Cinta, diperkirakan akan mencapai 4 juta penonton.


10.    Cermati paragraf berikut!

    Hidup berumah tangga, ibarat sebuah kapal mengarungi samudra luas, banyak batu karang, badai, yang diumpamakan dengan hambatan dan rintangan. Begitu juga kehidupan berumah tangga, tidak selalu berjalan dengan kebahagiaan. Hidup berumah tangga acapkali muncul berbagai masalah yang membuat keharmonisan rumah tangga terusik. Nakoda, sebagai pemimpin keluarga dan juru mudi harus piawai mengendalikan kapal untuk menghindari hantaman badai dan berbagai  rintangan, yang berakibat kapal menjadi pecah, hancur, dan bahkan akan tenggelam, tidak akan sampai ke pantai tujuan. Begitu pula kehidupan suami istri, apabila tidak mampu mengatasi masalah akan berantakanlah rumah tangganya.
    Simpulan paragraf analogi di atas yang tepat adalah ...
A.    Jadi, bijaksanalah dalam menyiasati kehidupan berumah tangga agar  rumah tangga  bahagia, seperti halnya nakhoda dan juru mudi yang piawai mengendalikan kapalnya sampai ke tepian tujuan.
B.    Jadi, kehidupan rumah tangga seseorang akan berjalan mulus, bahagia apabila suami istri dapat menghadapai segala rintangan dan cobaan dengan sabar, seperti halnya mengarungi samudra luas.

C.        Dengan demikian, dalam mengarungi bahtera rumah tangga harus sabar dan telaten setiap mendapat cobaan dan rintangan seperti halnya biduk kapal  mengarungi lautan yang selalu mendapat rintangan badai.
D.     Untuk itu, kehidupan rumah tangga dikendalikan oleh suami dan istri yang harus sabar menghadapi segala rintangan dan cobaan seperti halnya nakhoda dan juru mudi.
E.     Agar kehidupan rumah tangga kita mulus dan bahagia, bersikaplah    bijaksana dalam menghadapi segala  cobaan seperti halnya nahkoda kapal dalam mengarungi lautan

11.(1) Kenaikan tarif BBM merupakan pilihan yang harus diambil dalam rangka penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). (2) Sebab, tanpa langkah penghematan, konsumsi BBM akan mencapai 65 juta kilo liter per tahun atau 10 persen dari jatah yang ditetapkan DPR, sebesar 59,6 juta kilo liter per tahun. (3) Penjualan mobil tahun 2005 mencapai 550.000 unit. (4) Kalau dikurangi 10.000 – 20.000 unit saja, itu tidak berarti. (5) Kebijakan ini lebih baik karena mendorong produksi mobil yang lebih hemat energi.
    Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ....
A.        (1)
B.     (2)
C       (3)
D.      (4)
E.      (5)

12. Cermati paragraf berikut.
    (1) Jika Anda mempunyai kecenderungan terkena gangguan kesehatan ini, tindakan pencegahannya adalah meningkatkan aktivitas fisik sederhana menjadi lebih sering dan rutin. (2) Jenis yang disarankan antara lain; jalan cepat selama satu jam atau lebih setiap hari. (3) Latihan ini juga bisa mencegah terjadi kelebihan berat badan, yang merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2 ini. (4) Dan meminimalkan stres.(5) Serta banyak makan makanan yang berkarbohidrat tinggi, misalnya singkong, ubi-ubian, dan lain.
    Kalimat yang tidak koheren (tidak padu) pada paragraf di atas terdapat pada nomor ..
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)
E.    (5)
    Perhatikan paragraf berikut. Teks untuk SOAL nomor 13 dan 14!
      N.H. Dini adalah seorang sastrawan feminis. Penghargaan S.E.A.Write di bidang sastra  dari pemerintah Thailand ini sudah terlanjur pada sastrawan di Indonesia, padahal ia sendiri mengakui hanyalah seorang pengarang yang menuangkan realita kehidupan pengalaman pribadi dan kepekaan terhadap lingkungan. Dalam setiap tulisannya, pendiri pondok baca N.H. Dini di Sekayu, Semarang ini sudah melahirkan puluhan karya.
      Beberapa karya N.H. Dini  ini terkenal diantaranya: Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975) atau Namaku Hiroko (1977) dan lain-lain. Budi Darma menyebutnya sebagai sastrawan feminis yang terus menyuarakan kemarahan kepada kaum laki-laki. Terlepas dari apa pendapat orang lain, ia mengatakan bahwa akan marah bila mendapatkan ketidakadilan. Khusus ketidakadilan gender yang seringkali merugikan kaum perempuan.

13. Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut di atas adalah….
A.    Kebanggaan seorang sastrawan karena dia mendapatkan penghargaan S.E.A. Write  dari pemerintah Thailand.
B.    Kebanggaannya karena berhasil  mendirikan pondok baca N.H. Dini di Sekayu Semarang,  Indonesia.
C.    N.H. suka marah kepada kaum laki-laki apabila mendapatkan ketidakadilan  yang    merugikan kaum perempuan.
D.    N.H. Dini terkenal sebagai sastrawan feminis karena banyak buku sastra yang ditulisnya.
E.    Budi Darma menyebutnya sebagai pengarang  sastra feminis yang terus menyuarakan kemarahannya kepada kaum laki-laki

14. Masalah yang terdapat dalam paragraf biografi di atas adalah….
A.    N.H. Dini membuat karya tulisnya realita kehidupan baik atau buruk
B.    marah kepada kaum laki-laki apabila tidak ada ketidakadilan terhadap perempuan
C.    budi darma menyebutkan sebagai pengarang sastra feminis yang terus menyuarakan kepada kaum perempuan

D.    N.H. Dini terlepas dari pendapat orang lain sehingga dia marah kepada kaum laki-laki.
E.    Kemarahan N.H. Dini karena ketidakadilan terhadap kaum perempuan dalam   segala hal.

    Bacalah kutipan hikayat Bayan Budiman berikut untuk SOAL nomor 15 s.d. 17!
....
      Setelah didengar Raja Sulaiman sembah landak itu, maka titah Raja Sulaiman,”Hai landak! Hampirilah engkau kepada aku! Aku hendak bertanya kepadamu, bahwa aku dipersembahkan raja jin air ma’al-hayat di dalam bejana. Betapa bicaramu? Baiklah aku minum atau jangankah diminum? Maka sembah landak”Ampun tuanku, beribu–ribu ampun! Patik ini binatang yang hina memohonkan ampun. Sekiranya duli Syam Alam santap air itu, terlalu baik. Umur Syah pun lanjut dan penyakit pun tiada di dalam tubuh dan muda selama-lamanya. Tetapi jahatnya ada juga.
      Maka titah Raja Sulaiman,”Apa jahatnya?”. Maka sembah landak,”Jika duli Syah minum air itu, tiadalah Syah Alam mati hingga datang kepada hari kiamat tetapi istri yang dikasihi mati dahulu dan anak Syah Alam mati, cucu, cicit  Syah Alam pun mati dan rakyat bala tentara duli Syah Alam sekalian habis, hingga duli tuanku seorang juga yang hidup. Apatah gunanya hidup yang demikian itu.
    Maka titah Nabi Sulaiman, sungguhlah katamu hai landak! Hidup yang demikian 
    itu tiada gunanya,”…

15.Amanat yang tepat dan sesuai dengan kutipan di atas adalah ….
A.    Jika kita disuruh raja jin minum air ma’al-hayat hendaknya menurutinya.
B.    Kita harus mempertimbangkan tentang sesuatu hal yang bersifat meragukan.
C.    Kita harus banyak bertanya tentang sesuatu yang belum dimengerti.
D.    Kita harus mempertimbangkan sesuatu sebelum mengambil keputusan.
E.    Kita tidak dapat hidup sendiri karena sesama manusia saling membutuhkan
16. Nilai moral yang terkandung dalam hikayat pada SOAL nomor 15 adalah ….
A.    Minum air ma’al hayat itu membuat umur lanjut dan penyakit pun hilang.
B.    Mendengarkan nasihat yang positif mendatangkan kebaikan
C.    Seseorang yang kekal hidupnya karena minum air ma’al.
D.    Bertanya kepada binatang adalah komunikasi pada zaman dahulu.
E.    Berbuat sesuatu dengan mempertimbangkan adalah baik.

17. Cermatilah kutipan gurindam berikut.
(1)    Jika hendak mengenal orang berbangsa
(2)    Lihat kepada budi dan bahasa
    Maksud isi kutipan gurindam tersebut yang tepat adalah . . .
A.    seseorang berbahasa dengan santun disukai semua orang
B.    bahasa yang digunakan  dengan santun mencerminkan kebaikannya
C.    seseorang yang baik hati akan berbahasa santun
D.    dari cara berbahasa seseorang dapat diketahui asal usulnya
E.    setiap orang yang berbudi halus berbahasa halus pula

Teks untuk menjawab SOAL nomor 18 s.d. 20. Cermatilah teks berikut.

    Yonas Patiwei, yang menjemputku dari bandara, bercerita bahwa pernah suatu kali Melky marah kepada kepala desa. Menurut Yonas, Melky marah lantaran di desa akan didirikan MCK umum. Maklumlah desa ini memang tidak mengenal WC. Yonas sendiri mengatakan bahwa kehadiran MCK umum itu sangat bermanfaat bagi penduduk, karena artinya penduduk bisa menjaga kesehatannya.
    “Tapi, Melky berkata, dia orang lebih suka ‘membuang’ di semak-semak ... untuk ‘makanan’ tanaman ... dia orang agak gila ... Saya bilang, kalau cara itu salah, mengganggu kesehatan, tapi dia bilang kalau MCK justru merusak kesehatan.”
    “Lantas terjadi pertengkaran?”
    “Betul, Bapak. Melky pergi ke hutan dan esok harinya, anak kepala desa paling besar ... perempuan, sudah 15 tahun umurnya ... hilang, sebaliknya ... dua hari kemudian di kandang babi kepala desa, entah dari mana, muncul seekor babi baru ...!”
Karya Yanusa Nugraha (1996)
(dalam Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia, Korrie Layun Rampan)
18.Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Kepala Desa marah kepada Melky.
B.    Melky tidak setuju kehadiran MCK.
C.    Melky suka “membuang” di semak-semak.
D.    Anak gadis Kepala Desa hilang.
E.    Muncul babi baru.

19.    Penyebab konflik  dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Melky lebih suka “membuang” di semak-semak.
B.    Penduduk tidak setuju kehadiran MCK di desa itu.
C.    Kemunculan babi baru di kandang Kepala Desa.
D.    Di desa akan didirikan MCK umum.
E.    Anak gadis Kepala Desa hilang.

20.Akibat konflik dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Melky marah kepada Kepala Desa karena tidak boleh “membuang” di semak.
B.    Melky marah, pergi ke hutan, dan menghilang secara misterius.
C.    Kepala Desa kehilangan anak gadisnya yang berumur 15 tahun.
D.    Muncul seekor babi baru di kandang Kepala Desa dua hari kemudian.
E.    Anak gadis Kepala Desa hilang dan muncul babi baru di kandang Kepala Des

21.    Penulisan yang tepat pemerian identitas pelamar dalam surat lamaran pekerjaan ...
A.    Nama            : Sania, S.PD.
Tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 Agustus 1987
Alamat            : Jln.Dahlia 12, Bekasi

B.    nama             : Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat              : Jalan.Dahlia 12, Bekasi
C.    Nama            : Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir      : Bekasi, 26 – 08 - 1987
Alamat            : Jalan.Dahlia12, bekasi

D.    nama            : Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat             : Jl.Dahlia12 Bekasi

E.    Nama           : SANIA, S.Pd.
Tempat tanggal lahir    : BEKASI, 26 AGUSTUS 1987
       Alamat         : JALAN DAHLIA12, BEKASI

22.    Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Perbaikan yang tepat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah  ...
A.    Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
B.    Demikianlah surat ini. Atas bantuan Bapak saya mengucapkan terima kasih banyak.
C.    Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
D.    Demikianlah, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
E.    Saya berharap Bapak menerima saya.Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

23.    Cermati urutan kalimat berikut!
(1)    Tiba-tiba kawanan serangga bernama belalang kumbara berwarna hitam datang berputar-putar di atas ladang dan kemudian masuk ke areal pertanaman padi yang sedang menguning.
(2)    Sinar matahari mendadak terlihat lembut dan suram.
(3)    Seketika padi yang sudah mulai menguning berubah menjadi hitam karena dihinggapi ribuan belalang.
(4)    Bersamaan dengan lembut dan suramnya matahari, terdengar suara berdengung dari balik hutan, berasal dari tipuan angin yang menghantam dedaunan di hutan sekitarnya.

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang baik adalah ... .
A.    (2), (4), (1), dan (3)
B.    (2), (3), (1), dan (4)
C.    (3), (4), (1), dan (2)
D.    (4), (3), (1), dan (2)
E.    (4), (1), (2), dan (3)

24.    Cermati paragraf deskripsi berikut!
Padang ilalang itu amat luas. Di sela-sela dedaunannya yang panjang terurai itu, muncul bunganya berbentuk bulat panjang berwarna putih, seperti kapas yang dibalutkan ke tangkai lidi kecil. Bila angin bertiup helai daun beserta bunga bergoyang. ...

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
A.    Fungsi tangkai bunga itu pada umumnya sebagai penyanggah mahkota bunga.
B.    Warna bunga ilalang putih, bersih, dan sangat lembut, dan halus seperti kapas.
C.    Tangkai bunga berwarna cokelat, sangat kecil, dan sangat mudah patah.
D.    Daun bunganya panjang lonjong, permukaanya kesat, dan pinggir daunnya tajam.
E.    Goyangan dedaunan dan bunganya ke kiri dan ke kanan seakan berirama.

25.    Cermati paragraf deskripsi berikut!
Jarum jam terdengar berdetak ... . Malam itu terasa ... . Detak jam diding semakin keras. Aku menarik selimutku untuk menutupi wajahku. Sayup-sayup terdengar bunyi langkah menuju ke arah dapur yang berdampingan dengan kamar tidurku. Aku mengonsentrasikan perhatianku mengikuti bunyi langkah tersebut. Jantungku sekarang berdegup ... . Langkah itu semakin menghilang. Aku pelan-pelan mengangkat tubuhku lalu bersender ke tiang tempat tidur. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk. Dengan spontan aku berteriak ... . memanggil ibuku. Akan tetapi, teriakanku terhenti setelah mendengar kakakku memanggil namaku, “Ada apa Nit?”

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
A.    hampir keras, hampir sunyi, kencang amat, tidak keras
B.    tidak keras, sunyi sekali, kencang sekali, hampir keras 
C.    sedikit keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
D.    sangat keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
E.    sangat keras, sunyi sekali, tidak kencang, keras sekali

26.    Cermati judul karangan berikut!
pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah

Perbaikan penulisan judul karangan tersebut sesuai EYD adalah ...
A.    Pentingnya Pendidikan Keterampilan di Sekolah
B.    Pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah
C.    Pentingnya Pendidikan Keterampilan Di Sekolah
D.    Pentingnya PENDIDIKAN KETERAMPILAN di sekolah
E.    ”Pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah”

27.    Cermati kutipan karya tulis berikut!
Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini. Tujuh agenda itu adalah mengatasi risiko pengangguran baru, mengelola inflasi, menjaga pergerakan sektor riil, mempertahankan daya beli, melindungi kelompok di garis kemiskinan, memelihara kecukupan pangan dan energi, serta memelihara angka pertumbuhan ekonomi yang pantas.

Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang bakal muncul tahun ini.
B.    Ada tujuh agenda yang akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang bakal muncul tahun ini.
C.    Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini.
D.    Ada tujuh daripada agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini.
E.    Ada tujuh daripada agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi bakal muncul tahun ini.

28.    Cermati kutipan bahasa karya tulis berikut!
Untuk mengembalikan kepribadian diri seutuhnya berarti dapat menggunakan kekuatan diri yang sebenarnya, pertama kita perlu melihat secara serius ke dalam diri sendiri terlebih dahulu. Lihatlah dan pelajarilah, siapakah diri sebenarnya. Dengan mengetahui diri sendiri saat ini, dapat melakukan langkah-langkah ke depan yang sesuai untuk mencapai diri sendiri yang seutuhnya. Tujuannya adalah mencapai hidup yang selaras dan serasi dengan tetap menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, keahlian untuk mencapai apa yang dicita-citakan, akan merasa takjub dengan perubahan yang dialami.

Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang bergaris bawah dalam kutipan karangan ilmiah tersebut sehingga bermakna lugas adalah ... .
A.    kekayaan, peninjauan
B.    kepintaran, pembuktian
C.    kesanggupan, penerapan
D.    kecerdasan, pengoreksian
E.    potensi, introspeksi







29.    Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf    : hakikat pendidikan pembangunan peradaban bangsa yang sangat dinamis
Kalimat penjelas    :
(1)    Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pembangunan peradaban bangsa yang sangat dinamis.
(2)    Tanggung jawab utama mendidik anak berada di tangan orang tuanya hingga mereka siap memasuki usia sekolah.
(3)    Oleh karena itu, pendidikan harus bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, dan kelangsungannya sehingga penyelenggaraan pendidikan harus dikelola secara profesional.
(4)    Mengingat perannya yang sangat strategis dalam proses pembangunan peradaban bangsa, maka bidang pendidikan perlu komitmen nasional.
(5)    Seorang guru harus memahami bahwa anak didik mereka memiliki keterampilan yang beragam dengan kompetensi yang beragam pula.

Kalimat  penjelas yang sesuai topik adalah nomor ... .
A.    (1), (3), dan (4)
B.    (1), (3), dan (5)
C.    (2), (3), dan (4)
D.    (2), (4), dan (5)
E.    (3), (4), dan (5)

30.    Topik karangan ilmiah : Pengaruh sistem informasi (SI) perusahaan melakukan bisnis

Kalimat latar belakang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.    Berbagai upaya telah dilakukan terhadap mengubah cara perusahaan melakukan bisnis yang  mengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
B.    Perusahaan harus memiliki disiplin agar memiliki manajemen yang teratur dan dapat dihargai oleh pesaingnya sesama pelaku bisnis.
C.    Pada  masa  sekarang,  sistem  informasi (SI) telah mengubah cara perusahaan melakukan  bisnis yang mengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
D.    Secara tradisional, manajemen dan akademisi memandang peranan SI sebagai fungsi  pendukung dalam operasi perusahaan.
E.    Sistem informasi mampu mengubah bentuk organisasi, mampu mengubah cara perusahaan dalam beroperasi dan mampu mengubah cara perusahaan dalam bersaing.

Cermati kutipan hikayat berikut untuk
SOAL nomor 32 s.d. 34!
Hatta beberapa lamanya sampailah umur Sadalab itu dua belas tahun, maka oleh Khojah Astor diserahkannya mengaji pada seorang mualim. Adapun akan Sadalab itu terlalu sangat takabur hatinya, lagi perangainya pun terlalu amat jahat. Dengan beberapa tipu daya mualim itu mengajar dia, tidak juga ia menurut kata gurunya itu.
Sebermula maka datanglah pada suatu hari, Sadalab pun berkelahi dengan seorang budak temannya yang bersama mengaji itu. Maka dipukul oleh Sadalab kepada budak itu dengan lohnya (meja kecil), pecah kepala budak itu, berhamburan darahnya. ...
Setelah dilihat oleh Khojah Astor orang itu datang membawa anaknya, maka ia pun segeralah turun mendapatkan bapak budak itu dengan takzimnya. Maka oleh Khojah Astor serta dipeluknya leher bapak budak itu, seraya katanya “Hai Saudaraku! Terlalu sekali takjub perbuatan anak hamba ini. Melainkan maaflah Tuan hamba. Bahwa yang kesalahan anak hamba dan dalam hati hamba, yang anak tuan hamba itu seperti anaklah kepada hamba.”
Maka tatkala Khojah Astor berkata-kata itu, sangat merendahkan dirinya serta dibaikinya hatinya hati orang itu; maka marahnya pun hilanglah, kepada hatinya kasihan melihat laku Khojah Astor itu, ...    (Hikayat Bayan Budiman)








31.    Isi cerita dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Anak Khojah Astor bernama Sadalab berkelahi dengan temannya dan Khojah Astor meminta maaf kepada orang tua anak itu dan mengakui bahwa Sadalab-lah yang besalah.
B.    Sadalab sudah berumur dua belas tahun dan diserahkannya mengaji pada seorang mualim untuk mengajarinya mengaji secara tekun.
C.    Sadalab itu terlalu sangat sombong, amat jahat dan tidak mau mematuhi nasihat orang tuanya, apalagi mendengar nasihat guru ngajinya.
D.    Dengan beberapa tipu daya mualim mengajar Sadalab, tetapi ia tidak juga menurut kata gurunya sedikit pun  malah dia ajak berkelahi.
E.    Sadalab berkelahi dengan seorang budak teman mengaji itu sehingga pecah kepala Sadalab oleh  temannya itu, dan darahnya bercucuran.

32.    Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Kewajiban orang tua yang mendidik anaknya bila sudah berumur dua belas tahun dan juga mengajarkan sopan santun, mengaji, dan beribadah lainnya. 
B.    Perilaku Khojah Astor yang meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anak Khojah Astor dan mengakui bahwa anaknyalah yang bersalah.
C.    Guru ngaji Sadalab sangat sabar menghadapi kelakuan murid-murid ngajinya dan tidak henti-hentinya menasihati muridnya dengan kasih sayang.
D.    Ibu Sadalab bernama Khojah Astor tidak mau meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anaknya dan tidak mengakui kesalahan anaknya.
E.    Perilaku Khojah Astor yang selalu melindung anaknya dalam perkelahian, dan enggan meminta maaf kepada orang tua anak tersebut.

33.    Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Seorang anak harus meminta maaf kepada orang tuanya atas kesalahan yang telah dilakukannya.
B.    Bila seorang anak melakukan kesalahan, orang tua hendaknya jangan melindunginya atas kesalahannya.
C.    Berilah kasih sayang yang tulus kepada anak dan bimbinglah mereka agar mereka merasa diperhatikan.
D.    Meminta maaflah apabila merasa bersalah kepada seseorang dan terimalah permintaan maaf orang tersebut.
E.    Janganlah terlalu memanjakan anak karena akan menjadikan anak tersebut nakal dan suka berkelahi dengan temannya.

Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 35 s.d. 37!
Sukri menanti bis melintas di halte. Dia gemas melihat skuter melintas. Dia benci melihat kendaraan itu. Dia raba pisau belati di pinggangnya. Dia buka pintu pagar rumah Sumarni. Dia lihat skuter itu. Dia lihat Sumarni menerima pemuda pengendara skuter di ruang tamu. Dia melompat ke balik semak-semak bunga mawar. Dia dengarkan percakapan Sumarni dan pemuda pengendara skuter di ruang tamu.
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
Sukri Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti

34.    Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    orang pertama sebagai pelaku utama
B.    orang ketiga sebagai pelaku utama
C.    orang ketiga serba tahu
D.    orang pertama sebagai pelaku sampingan
E.    orang ketiga terfokus






35.    Pernyataan yang menunjukkan bahwa Sukri seorang yang berwatak cemburu adalah ...
A.    Sukri gemas, benci, dia buka pintu, dia melompat, sakit mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
B.    Sukri gemas, ke balik semak-semak, masuk ke tengah ruangan, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
C.    Sukri gemas, ke balik semak-semak, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
D.    Sukri gemas, dia melompat, meraba pisau di pinggangnya, berkelahi dengan pemuda bersama Sumarni.
E.    Sukri gemas, benci, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
36.    Pendeskripsian watak Sukri dalam kutipan tersebut melalui ... .
A.    dialog antartokoh
B.    secara langsung
C.    pikiran-pikiran tokoh
D.    tanggapan tokoh lain
E.    keadaan di sekitar tokoh

Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 38 s.d. 41!
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
“Kalau kau sungguh-sungguh mencintaiku, dekaplah aku erat-erat. Aku belum mempunyai kekasih. Aku masih murni. Aku belum mengenal seorang pemuda pun secara intim. Kaulah satu-satunya pemuda yang menimbulkan getaran lain di hatiku. Bagiku, seperti kurasakan saat ini, kau adalah kekasih tercinta.”
Sukri di dalam semak-semak mawar meraba pisau belati di pinggangnya. Dia sakit mendengar ucapan itu. Dia melompat dari dalam semak-semak. Dia masuk ke tengah ruangan. Sumarni kaget melihat itu. Mukanya merah menahan malu. Pemuda yang memiliki skuter itu terperanjat. Sikap Sukri mengundang perkelahian.
Sukri Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti

37.    Konflik dalam diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    perasaan gelisah dan bercampur was-was tehadap Sumarni
B.    rasa penyesalan Sukri yang berkepanjangan terhadap Sumarni
C.    kesedihan yang mendalam yang dalam dirasakan oleh Sukri
D.    rasa sakit hati Sukri kepada Sumarni dan pemuda bersama Sumarni
E.    perasaan benci Sukri kepada dirinya sendiri dan diri Sumarni

38.    Penyebab konflik pada diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    Sumarni jatuh cinta kepada pemuda lain
B.    Kekasih Sukri menghina diri Sukri
C.    Sumarni tidak mau bertemu dengan Sukri
D.    Sukri dilarang mengingat-ingat Sumarni
E.    Sumani memuji-muji pemuda lain

39.    Akibat konflik pada Sukri adalah ...
A.    Sukri pergi meninggalkan Sumarni dengan perasaan marah.
B.    Sukri masuk ke tengah ruangan menemui Sumarni dan pemuda.
C.    Sukri sangat menyesal telah datang ke rumah Sumarni dan bertemu pemuda.
D.    Sukri berjanji akan berusaha untuk melupakan Sumarni secepat mungkin.
E.    Dengan rela Sukri harus melepaskan Sumarni ke tangan pemuda lain.

40.    Bukti bahwa latar suasana emosional dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Sukri berusaha menahan malu sekuat tenaganya.
B.    Sukri berkelahi untuk mempertahankan cintanya.
C.    Sukri meraba pisau belati di pinggangnya.
D.    Sumarni akan segera diputuskan Sukri.
E.    Sukri tidak henti-hentinya memaki diri sendiri.
Cermatilah kutipan drama berikut untuk nomor 42 dan 43!
(1)    Tati    :    Wah, selamat ya Maryam (menjulurkan tangan kepada Maryam).
(2)    Maryam    :    Ada apa ini Tat, kamu mengucapkan selamat sama aku?
(3)    Tati    :    Kamu tahun ini menjadi bintang kelas lagi, hebat kamu, belum ada yang dapat menyaingi kamu, Mar. Aku sangat kagum sama kamu, pintar, tidak sombong  (menepuk bahu Maryam).
(4)    Maryam    :    Ya, terima kasih Maryam, tapi janganlah terlalu berlebihan menilai aku, Tat. Seperti sudah kamu ketahui, Tat, aku ingin sekali melanjutkan sekolahku ke perguruaan tinggi agar kelak aku dapat mnghidupi keluargaku.
(5)    Tati    :    Mulia sekali itu, Tat, tapi kelak jangan sombong ya, seperti  kata peri bahasa, ”...”  


41.    Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog Tati nomor (5) adalah ...
A.    Tak ada akar rotan pun jadi, tak emas bungkal diasah, tak jenjang kayu dikeping.
B.    Biar hidup berkalang tanah, biar mati berkalang bangkai.
C.    Karena hati mati, karena mata buta, karena jantung binasa.
D.    Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.
E.    Gantungkan cita-citamu setinggi langit, rendahkan hatimu serendah dasar lautan.

42.    Hal yang diungkapkan dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A.    Prestasi seorang siswa yang senantiasa mempertahankan prestasi tersebut dengan belajar bersungguh-sungguh.
B.    Maryam siswa yang berprestasi, tidak sombong, dan ingin menyenangkan keluarganya jika kelak berhasil.
C.    Maryam siswa yang hidup serba berkekurangan, tetapi dia akan berusaha untuk membahagiakan keluarganya.
D.    Seorang teman yang selalu memberi dorongan dan semangat kepada temannya atas prestasi yang diperoleh temannya.
E.    Keakraban dua orang teman yang senantiasa saling memuji dan memberikan semangat belajar yang tenggi.

43.    Cermatilah paragraf berikut!
Kamu jangan memberi tahu rahasia ini kepada Narsih. Saya tidak percaya lagi kepadanya sejak kejadian itu. Dia ”...”, membeberkan rahasia keluarga saya kepada teman-teman kita di sekolah ini sehingga teman-teman menjadi tahu masalah keluarga saya. Saya malu sekali.

Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf adalah ... .
A.    panjang kalam
B.    panjang ingatan
C.    panjang lanjut
D.    panjang belit
E.    panjang lidah



1 komentar: