Jumat, 30 November 2012

Bahasa Indonesia

1.  PENDAHULUAN  
Kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara  di  Indonesia  mengalami
perkembangan  dan  perubahan  secara  terus  menerus  sebagai  akumulasi  respon
terhadap  permasalahan  –  permasalahan  yang  terjadi  selama  ini  serta  pengaruh
perubahan  global,  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  serta  seni  dan
budaya.  Hal  ini  menuntut  perlunya  perbaikan  sistem  pendidikan  nasional  termasuk
penyempurnaan kurikulum.  

Kurikulum  yang  disusun  adalah  Standard  Kompetensi  Mata  Pendidikan  Bahasa  dan 
Sastra Indonesia. Bahasa  memiliki  peran  sentral  dalam  perkembangan  intelektual,  sosial  dan emosional  peserta  didik  dan  merupakan  penunjang  keberhasilan  dalam  mempelajari 
semua  bidang  studi.  Pembelajaran  bahasa  diharapkan  membantu  peserta  didik 
mengenal  dirinya,  budayanya  dan  budaya  orang  lain,  mengemukakan  gagasan  dan 
perasaan,  berpartisipasi  dalam  masyarakat  yang  menggunakan  bahasa  tersebut  dan 
menemukan  serta  menggunakan  kemampuan  analitis  dan  imaginatif  yang  ada  dalam 
dirinya. 

Bahasa  memungkinkan  manusia  untuk  saling  berkomunikasi,  saling  berbagi 
pengalaman,  saling  belajar  dari  yang  lain  dan  untuk  meningkatkan  kemampuan 
intelektual dan kesusasteraan merupakan salah satu sarana untuk menuju pemahaman 
tersebut.  Standard  kompetensi  pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia  adalah  salah 

B. Tujuan 
Pendidikan  Bahasa  Indonesia  bertujuan  agar  peserta  didik  memiliki  kemampuan 
sebagai berikut. 
1.  Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik 
secara lisan maupun tulis 
2.  Menghargai  dan  bangga  menggunakan  bahasa  Indonesia  sebagai  bahasa 
persatuan dan bahasa negara 
3.  Memahami  bahasa  Indonesia  dan  menggunakannya  dengan  tepat  dan  kreatif 
untuk berbagai tujuan 
4.  Menggunakan  bahasa  Indonesia  untuk  meningkatkan  kemampuan  intelektual, 
serta kematangan emosional dan sosial  
5.  Menikmati  dan  memanfaatkan  karya  sastra  untuk  memperluas  wawasan, 
memperhalus  budi  pekerti,  serta  meningkatkan  pengetahuan  dan  kemampuan 
berbahasa 
6.  Menghargai  dan  membanggakan  sastra  Indonesia  sebagai  khazanah  budaya 
dan intelektual manusia Indonesia. 

C. Ruang Lingkup 
Ruang  lingkup  standard  kompetensi  pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia 
meliputi  aspek kemampuan  berbahasa  dan kemampuan  bersastra.  Aspek kemampuan 
berbahasa meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis yang 
berkaitan  dengan  ragam  bahasa  nonsastra.  Adapun  aspek  kemampuan  bersastra 
meliputi  keterampilan  mendengarkan,  berbicara,  membaca,  menulis  yang  berkaitan 
dengan ragam sastra.  
Ruang  lingkup  mata  pendidikan  Bahasa  Indonesia  mencakup  komponen 
kemampuan  berbahasa  dan  kemampuan  bersastra  yang  meliputi  aspek-aspek  seperti  
Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis. 

0 komentar: